13 January 2006

Kidung Sang Pengantin................

Kemaren bulekku (krn kita tumbuh dan besar bersama sampe skrg pun aq ga pernah menggunakan nama sapaan itu, ih...jd malu) menikah. wow!........selamat deh moga2 jd kel yg sakinah wawadah warahmah, amien. Meskipun kisah cintanya rumit dan pjg ceritanya dan ga mungkin gw publikasikan. Intinya, akhirnya dia luluh jg dengan kesabaran dan penantian yg cukup lama juga dr si mas (yg sekarang jd suaminya).
Krn keluarga besarku orang jawa , ya setiap ada sodara yg mo nikah pasti ribet dengan segala aturan dan tatacara adat jawa. Dijamin lelah banget deh, njalani serangkaian upacara yg mungkin saat ini sudah mulai berkurang dari pakem sebenarnya, klo lo nikah dengan ce atw co jawa?. Emang lain ladang lain belalang, laen daerah laen jg budayanya. Tp buat yg belom pernah liat dijamin pasti seru dan menarik guys !!
Jadi kemaren tuh acaranya tiga hari dua malem. Hari sebelum ijab kabul biasanya di keluarga mempelai cewek ngadain acara yg biasa disebut "Malam Pasian" dimana acaranya tu kumpul2 sama temen-temennya pengantin cewek yg ngucapin selamat dan pengen liat yg mana sih calon suaminya? , disamping itu kaum muda ini bantu2 tuk buat dekor pengantin. Klo dulu acara ini byk yg dateng kaum muda-mudi tp sekarang sedikit bergeser jd tua muda ga da larangan tuk datang. Acara ini diselingi tabuhan rebana yg berisi sair-sair pujian agama gt, yg setelah ku ceritain ke panji katanya mirip2 kyk gaya India?? mungkin jg sih. Tapi sekarang ini acara malam pasian udah ga seperti dulu lagi, jd lebih didominasi pengajian Bapak-Bapak.
Trus besoknya setelah ijab qobul, setelah itu ada uparaca "temon penganten" nah ini yg biasanya gw interest bgt tuk ngeliat meski berdesak-desakan. Jadi pengatin pria dan wanita ditemukan oleh si pranotocoro, setelah kedua ortu or walinya saling memasrahkan putra-putrinya. Kedua mempelai saling lempar sirih yg klo ga salah artinya kedua mempelai sudah mantap memilih nih dia yg bakalan jd pendamping hidup gw. trus dilanjutin injak telor yg ada bunga pengantinnya oleh mempelai pria kemudian mempelai wanita membasuh kaki pengantin pria sebagai tanda bakti dia terhadap suaminya kelak. Setelah itu di Bapak dari pengantin wanita berjalan didepan mengikuti cucuk lampah menuntun kedua mempelai dengan selembar kain merah menuju ke pelaminan, dan para domas2 berjalan mnengikutinya dibelakang. Kemudian dilanjutin acara timbang bobot pengantin. Bapak pengantin wanita memangku kedua mempelai kanan-kiri sebagai tanda setelah menikah tidak akan membeda-bedakan bobot kasih sayangnya kepada anak dan menantu. (kasihan bapaknya klo yg dipangku kelas berat! ha....ha)
Kemudian dilanjutin serah beras kuning dari pengantin pria kepada pengantin wanita, yg artinya besar sedikit hsl kerja suami harus diterima istrinya apa adanya, kemudian beras itu diserahkan kepada sang ibu pengantin wanita. Nah abis ini acara sungkeman kedua belah pihak orang tua, trus acara suap-suapan. Selama araca temon pengantin ini pranotocoro mengiringi dgn petuah-petuah dgn bhs yg njawiiiiiiiiii bgt (gw aja ga mudheng babar blas) dan tembang2 jawa jg. Setelah semua acara temon pengantin selesai baru deh tamu2 undangan ngucapin selamat ke mempelai.
Tp acara yg gw ceritain diatas belomlah selengkap aslinya untuk sebuah acara temanten jawa yg masih menggunakan pakem asli jawa. Tp sekarang ini byk keluarga jawa yg menikahkan anak-anaknya dengan perpaduan budaya modern krn mungkin lbh simple dan ga' terlalu ribet jg. Btw yg penting bukan gimana acaranya tp arti dari pernikahan itu sendiri yg hrs dimaknai dengan tulus dan penuh arti.....ceillah.Krn bg gw sendiri pernikahan adalah sesuatu yg amazing dalam diri seseorang krn kita tidak kan pernah menemukan hal yg sama sebelumnya atw yg akan datang. Kesempatan tu jarang datang dua kali so ga mungkin kan kita melewatinya begitu saja.
Ok sekian dulu berbagi budayanya, smoga ga membosankan.
thanxs udah baca.

No comments: